Beringkas adalah kependekan dari Berita Ringkas, dimulai tahun 2013 dengan nama awal Opsional. Ada fenomena short term attention span, yakni kemampuan fokus seseorang terhadap sesuatu semakin singkat. Jika dulu orang bisa fokus selama 12 detik, saat ini hanya 9 detik. Tidak heran jika berita bergulir semakin cepat dan singkat. Ketika membaca berita otak bekerja otomatis mencari inti berita. Otak tidak mampu mengingat seluruh isi berita dalam waktu sekejap dan memang tidak perlu diingat. Berita dengan 500 kata misalnya, hanya beberapa kata saja yang otomatis diingat otak dan disampaikan ke orang lain, itulah inti berita.

Mencermati kemampuan fokus yang semakin berkurang dan pola otak dalam mengingat berita, Beringkas mencoba menyajikan ringkasan berita dengan konsep Timeline. Ini membantu orang mendapatkan informasi dengan cepat dan mudah.

Contoh: Kasus pembunuhan Wayan Mirna Salihin di Cafe Olivier. Ketika Anda membacanya (misalnya di Detik.com), pembaruan berita dipecah-pecah dalam berbagai judul. Disetiap pembaruan selalu ada pengantar dan penutup yang isinya telah diketahui pembaca dari berita sebelumnya. Hal tersebut tentu menyita waktu ketika terbaca lagi.

Indeks-berita

Gambar dari http://news.detik.com/indeksfokus/1254/jessica-didakwa-membunuh-mirna/berita

Beringkas meringkas setiap pembaruan berita dan dipublikasikan tepat dibawah berita sebelumnya dalam bentuk Timeline agar menjadi lebih sistematis.

Berita-waktu

Selamat menikmati ringkasan berita setiap hari! 😀